Memperebutkan Piala Bupati Taput, Satika Simamora Buka Turnamen Catur Antar Pelajar YNPS CUP 3

Ketua Dekranasda yang juga Bunda PAUD Satika Simamora SE MM membuka Turnamen Catur Antar Pelajar se-Tapanuli Utara, Rabu (6/3/2024), di Dusun Lumban Silintong Desa Sitompul Kecamatan Siastas Barita.

topmetro.news – Ketua Dekranasda yang juga Bunda PAUD Satika Simamora SE MM membuka Turnamen Catur Antar Pelajar se-Tapanuli Utara, Rabu (6/3/2024), di Dusun Lumban Silintong Desa Sitompul Kecamatan Siastas Barita.

Satika Simamora dalam sambutannya menegaskan, ia datang pada perhelatan itu memenuhi undangan panitia bukan mewakili Bupati.

Kepada peserta turnamen yang hadir dari 15 kecamatan, Satika menyebutkan ada 4 manfaat dan harus dipahami dalam olah raga catur.

“Pertama pemain catur membutuhkan konsentrasi, mampu membuat strategi untuk mengalahkan lawan, membutuhkan kesabaran serta mampu membaca pikiran orang atau lawan tanding melalui langkah bidak yang dimainkan. Beruntunglah kalian peserta, karena YNPS melakukan turnamen ini. Selain untuk memperebutkan hadiah, kalian dapat memperoleh 4 manfaat olah raga catur,” sebut Satika.

Ia juga menyampaikan terima kasih kepada YNPS yang memberi peluang kepada anak sekolah di Tapanuli Utara melatih diri membaca pikiran orang lain. “Ini sangat penting membaca pikiran untuk menyesuaikan diri dalam komunikadi pribadi maupun lingkungan. Teruslah berlatih dan ikuti turnamen berkutnya dan jangan pernah ikut tawuran.Kalian semua anak baik. Tuhan memberkati YNPS dan Kepala Desa Sitompul. Semuanya untuk peningkatan kualitas masyrakat Tapanuli Utara ke depan,” sebut Satika.

Piala Bupati

Resman Sitompul (Wakil Ketua Dewan Pembina Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul) menyebutkan, Turnamen YNPS Cup 3 itu memperebutkan Piala Bupati dan hadiah dana pembinaan total Rp60 juta.

“Dana pembinaan untu tingkat SD, SMP, dan SMA/SMK nilainya sama. Juara I Rp5 juta, juara II Rp4 juta, juara III Rp3 juta, juara IV Rp2 juta, dan juara V Rp1 juta, Dan ada juara umum,” sebutnya.

“Hadiah dana pembinaan akan disalurkan melalui rekening bank para juara. Kita ingin memotivasi peserta untuk menabung di bank. Berhubungan dengan bank akan menjadi hal yang biasa bagi mereka,” sebut Resman.

Rumah Catur

Lokasi penyelenggaraan Turnamen Catur YNPS Cup 3 di Komplek Perumahan YNPS Dusun Lumban Silintong Desa Sitomul Kecamatan Siatas Barita.
Sebuah tugu bidak catur castel (benteng) setinggi 2 meter lebih berdiri di gerbang utama masuk kompleks petumahan itu. Ada juga mular di dinding rumah dengan bidak catur.

“Orangtua kami hobbi catur,” sebut Resman Sitpmpul.

Itulah alasannya kompleks perumahan itu dihias dengan tigu ‘castle’ dan dijadikan tempat penyelenggaraan turnamen. “Kami ingin desa kelahiran kami ini dikunjungi para pecatu,” sebutnya.

Resman Sotompul berharap turnamen yang digelar YNPS itu dapat menjaring pecatur muda yang siap bertarung di jenjang propinsi maupun nasional dan seterusnya.

“Kami sudah mulai di tingkat kabupaten. Bila Percasi Taput mau menyelenggarakan turnamens tingkat provinsi, kami akan memfasilitasi,” sebutnya.

Semakin Diminati

Kadis Pemuda dan Olahraga Marco Panggabean dalam sambutannya menyebut, olaraga catur sudah diminati pelajar di Tapanuli Utara.

“Pada bebera pertemuan dengan pelajar di Tapanuli Utra selalu saja.muncul pertanyaan terkait Turnamen YNPS. Bahkan ada sekolah yang secara mandiri menyelenggarakan turnamen tingkat sekolah,” sebut Panggabean dan mengapresiasi YNPS yang.berkomitmen membina atlit catur di Tapanuli Utara.

Ketua Panitia Parlaungan Sitompul melaporkan, jumlah peserta turnamen tingkat SD 294, SMP 332, SMA/SMK 332. Total 958 orang peserta. Turnamen itu berema, ‘Yang muda yang berkarya, yang muda yang berprestasi’.

“Dengan turnamen ini kami harapkan akan muncul bibit pecatur andal berprestasi. Yang dapat mengharumkan nama Tapanuli Utara di masa mendatang,” sebut Parlaungan.

Hadir juga pada kegiatan itu pemerhati pendidikan Martua Situmorang, Kepala Desa Sitompul Mula Sitompul, Ketua Percasi Hendra Hutabarat SH dan Sekretaris Joinher Ambarita, Kacabdis Pendidikan Humbahas Rudi Sinaga, Sekretaris Dinas Pariwisata Taput Benny Simanjuntak, Camat Suatas Barita Mulianto Sitompul, Kepala SMKN 2 Siatas Barita Ridwan Simatupang.

TMB

Resman Sitompul juga mengatakan, Yayasan Nelson Pandapotan Sitompul mendukung kegiatan Taput Mencari Bakat (TMB) yang sudah dua kali digelar di Gedung Kesenian Taritung.

“TMB adalah lomba tarik suara tingkat Tapanuli Utara dengan hadiah yang cukup.menarik,” sebut Resman.

reporter | Jansen Simanjuntak

Related posts

Leave a Comment